Untuk saran dan kritik kirimkan via email ilhamsyah050@gmail.com atau sms ke 08561836482

Mesin pencari

Senin, 06 Oktober 2008

Hindari!!! Flu di Musim Pancaroba


Patokan yang dulu dipakai oleh orang – orang tua untuk menandai musim, kini sudah sulit diikuti. Misalnya, menurut orang jawa Desember itu berarti gede – gedenya sumber air alias hujan. Januari artinya hujan sehari – hari. Lalu Maret itu disingkat “Mak-ret” yang berarti hujannya berhenti. Kalau menurut orang bima, termasuk nenek saya bulan yang yang berakhiran –ber, artinya musim hujan misalnya oktober, November dan desember.
Tapi apa yang terjadi sekarang? Perubahan – perubahan yang terjadi pada Jakarta dan sekitarnya masih dilanda hujan besar. Tapi tak lama kemudian panas terik dan malam hari terang bilan. Kota – kota lain pun demikian. Seorang perawat sampai pernah bilang, “Sekarang ini musimnya pancaroba terus”.
Buntut – buntutnya, cuaca yang tak jelas seperti ini membuat banyak orang mudah terserang flu dan masuk angina. Dalam suhu udara yang rendah, banyak angina, membuat system kekebalan tubuh tidak optimal. Akibatnya, Virus Influenza mudah menyerang. Apalagi jika pada saat itu kita sedang dalam kondisi sangat sibuk, kurang istirahat dan makanan tidak cukup baik; akan semakin mudah tertular flu dan masuk angin.

Cara mencegah:
1)Cara yang paling mudah menghindari flu adalah menjaga agar stamina tubuh tetap bagus. Tentu saja melalui makanan, olah raga dan istirahat yang cukup.
2)Selain itu, sebisa mungkin kita menggunakan sapu tangan untuk menutup hidung dan mulut jika orang di dekat kita bersin dan batuk.
3)Rajin mencuci tangan juga sangat dianjurkan. Mengapa? Ada riset yang menunjukkan bahwa penularan flu banyak terjadi melalui jabat tangan daripada bersin langsung.

Bagaimana mengatasinnya jika flu atau masuk angina sudah menyerang? Menurut para ahlinya, pada dasarnya flu atau masuk angina akan sembuh sendiri jika kita istirahat dan makan dengan gizi yang baik, terutama yang bias menghangat tubuh. Adapun gejala flu dan masuk angina dapat dihilangkan dengan minum jamu atau obat yang banyak dijual di pasaran.

Bagaimana? Apakah informasi di atas sudah cukup membantu anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar