Untuk saran dan kritik kirimkan via email ilhamsyah050@gmail.com atau sms ke 08561836482

Mesin pencari

Kamis, 10 Juli 2008

KONDAS SEKSIO CAESARIA DENGAN INDIKASI CEFALOPELVIK

LAPORAN PENDAHULUAN

SEKSIO CAESARIA DENGAN INDIKASI CEFALOPELVIK

A. Konsep Dasar Seksio Caesaria

1. Pengertian

Wiknjosastro, 2006; Hecker, 2001; Kasdu, 2003 menyatakan bahwa seksio caesaria atas indikasi cefalopelvik disproporsi adalah persalinan atau lahirnya janin dan plasenta melalui sayatan dinding abdomen dan uterus, karena disebabkan antara ukuran kepala dan panggul atau ukuran lingkar panggul ibu tidak sesuai dengan ukuran lingkar kepala janin yang dapat menyebabkan ibu tidak dapat melahirkan secara alami.

2. Indikasi Seksio Caesaria

Menurut Hecker (2001) indikasi seksio caesaria di bagi menjadi tiga yaitu :

1) Ibu/ janin : distosia (ketidakseimbangan cefalopelvik, kegagalan induksi persalinan, kerja rahim yang abnormal).

2) Ibu : penyakit ibu (eklamsia/ preeklamsi yang berat, DM, penyakit jantung, kanker cervikal), pembedahan rahim sebelumnya (riwayat seksio caesaria, ruptur rahim yang sebelumnya, miomektomi), sumbatan jalan lahir .

3) Janin : gangguan pada janin, prolaps tali pusat, malpresentasi janin.

3. Mekanisme Persalinan Seksio Caesaria dengan CPD

Menurut Winknjosastro (2006) ada beberapa mekanisme persalinan yang berkaitan dengan posisi panggul yaitu :

a. Kesempitan pada pintu panggul atas : apabila konjugata vera kurang dari 10 cm, atau diameter trasversa kurang dari 12 cm. Panggul sempit mungkin menyebabkan kepala tertahan oleh pintu atas panggul, maka dalam hal ini serviks uteri kurang mengalami tekanan kepala. Hal ini mengakibatkan inersia uteri serta lamanya pendataran dan pembukaan serviks.

b. Kesempitan panggul tengah : apabila ukuran panggul kurang dari 9,5 cm, perlu kita waspadai terhadap kemungkinan kesulitan pada persalinan, biasanya pada posisi oksipitalis posterior persisten atau presentasi kepala dalam posisi lintang tetap.

c. Kesempitan pintu bawah panggul : pintu bawah panggul bukan merupakan bagian yang datar, tetapi terdiri atas segitiga depan dan segitiga belakang yang mempunyai dasar yang sama, yakni distansia tuberum. Apabila ukuran yang terakhir ini lebih kecil dari pada biasa, maka sudut arkus pubis mengecil (<>

4. Dampak Persalinan Cefalopelvik Disproporsi

Wiknjosastro (2006) Apabila persalinan dengan disproporsi sefalopelvik dibiarkan berlangsung sendiri tanpa ada tindakan yang tepat, dapat timbul bahaya bagi ibu dan janin.

a. Bahaya bagi ibu dapat menyebabkan partus lama yang sering kali disertai pecahnya ketuban pada pembukaan kecil sehingga menimbulkan dehidrasi, asidosis dan infeksi intrapartum, rupture uteri, persalinan tidak maju dan mengalami tekanan lebih lama dapat menimbulkan gangguan sirkulasi akibatnya terjadi iskemia dan nekrosis.

b. Janin dapat menyebabkan partus lama dapat meningkatkan kematian, moulase kepala janin, terjadi robekan tentorium dan perdarahan intrakranial.

5. Adaptasi Fisiologi dan Psikologi Post Seksio Caesaria

a. Adaptasi Fisiologi

Menurut Bobak (2005) & Cuningham (2006) adaptasi fisiologi dibagi menjadi beberapa sistem diantaranya yaitu :

1) Sistem reproduksi.

a) Uterus

1. Involusi merupakan proses kembalinya uterus ke keadaan sebelum hamil setelah melahirkan, akibatnya otot-otot polos uterus berkontraksi pada waktu 12 jam, tinggi fundus uteri mencapai ± 1 cm diatas umbilicus. Dalam beberapa hari mencapai ± 1 cm diatas umbilicus. Dalam beberapa hari kemudian, perubahan fundus uteri turun kira-kira 1-2 cm setiap 24 jam.

2. Kontraksi uterus meningkat setelah bayi lahir, terjadi karena hormon oksitosin yang dilepas oleh kelenjar hipofisis posterior.

3. After Pains rasa nyeri setelah melahirkan lebih nyata ditempat uterus yang teregang, menyusui dan oksitosin tambahan biasanya meningkatkan nyeri ini karena keluarnya merangsang kontraksi uterus.

4. Tempat plasenta terjadi pertumbuhan endometrium, regenerasi pada tempat ini biasanya tidak selesai sampai enam minggu setelah melahirkan.

5. Lokia. Menurut Huliana (2003) lokhea dibagi menjadi tiga jenis sesuai dengan warnanya sebagai berikut :

(a) Lokia rubra terdiri dari darah, sisa penebalan dinding rahim, dan sisa-sisa pemahaman plasenta. Lochea rubra berwarna kemerah-merahan dan keluar sampai hari ke-3 atau ke-4.

(b) Lokia serosa mengandung cairan darah, berupa serum dan lekosit. Lochea serosa berwarna kekuningan dan keluar antara hari ke-5 sampai ke-9.

(c) Lokia alba terdiri dari leukosit, lendir leher rahim (serviks), dan jaringan-jaringan mati yang lepas dalam proses penyembuhan. Loshea alba berwarna putih dan keluar selama 2-3 minggu.

b) Serviks

Serviks menjadi lunak segera setelah ibu melahirkan, 18 jam pasca partum, serviks memendek dan konsentrasinya menjadi lebih padat dan kembali ke bentuk semula.

c) Vagina dan Perineum

Estrogen pasca partum yang menurun berperan dalam penipisan mukosa vagina dan hilangnya rugae vagina yang semula sangat teregang akan kembali secara bertahap ke ukuran sebelum hamil, 6-8 minggu setelah bayi lahir. Rugae akan kembali terlihat pada sekitar minggu ke-4, walaupun tidak akan semenonjol pada wanita nulipara.

d) Payudara

Setelah bayi lahir terjadi penurunan konsentrasi hormone yang menstimulasi perkembangan payudara estrogen, progesterone, human chorionik, gonadotropin, prolaktin, dan insulin), oksitosin merangasang refleksi let-dowm (mengalirkan) menyebabkan ejeksi ASI.

e) Abdomen

Setelah melahirkan dinding perut longgar karena direngang begitu lama, sehingga otot-otot dinding abdomen memisah, suatu keadaan yang dinamai diastasis rektus abdominalis. Apabila menetap, efek ini dapat dirasa mengganggu pada wanita, tetapi seiring perjalanan waktu, efek tersebut menjadi kurang terlihat dan dalam enam minggu akan pulih kembali.

2) Sistem Endokrin

a) Hormon plasenta kadar estrogen dan progesterone menurun secara signifikan dan saat terendah adalah 1 minggu post partum.

b) Hormon Hipofisis dan Fungsi Ovarium

Hipofisis dibagi menjadi dua, yaitu hipofisis anterior dan posterior. Hipofisis anterior mengsekresi hormon prolaktin untuk meningkatkan kelenjar mamae pembentukan air susu. Sedangkan hipofisis posterior Sangat penting untuk diuretik. Oksotosin mengkontraksi alveolus mamae sehingga membntu mengalirkan ASI dari kelenjar mamae ke puting susu.

3) Sistem Urinarius

a) Komponen Urine

BUN (Blood Urea Nitrogen), yang meningkat selama masa pascapartum, merupakan akibat otolisis uterus yang berinvolusi selama 1-2 hari setelah wanita melahirkan .

b) Diuresis Pascapartum

Dalam 12 jam setelah melahirkan, mulai membuang kelebihan cairan yang tertimbun dijaringan selama hamil. Salah satu mekanisme untuk mengurangi cairan yang teretensi selama masa hamil ialah diaforesis luas, terutama pada malam hari, selama 2-3 hari pertama setelah melahirkan.

c) Uretra dan Kandung Kemih

Dinding kandung kemih dapat mengalami hiperemesis dan edema, sering kali disertai daerah-daerah kecil hemorargi. Pada pasa pacapartum tahap lanjut, distensi yang berlebihan dapat menyebabkan kandung kemih lebih peka terhadap infeksi sehingga mengganggu proses berkemih normal.


4) Sistem Pencernaan

Anestesi bisa memperlambat pengambilan tonus otot dan motilitas otot saluran cerna ke keadaan normal sehingga defekasi bisa tertunda 2-3 hari, keadaan ini bisa juga karena pemberian analgesia sebelum operasi. Biasanya bising usus belum terdengar pada hari pertama setelah pembedahan, pada hari kedua bising usus makin masih lemah, dan usus baru aktif kembali pada hari ke-3 post operasi.

5) Sistem Kardiovaskuler

Denyut nadi dan jantung meningkat setelah melahirkan karena darah yang biasanya melintasi uretroplasma tiba-tiba kembali ke sirkulasi umum. Namun, klien dengan anestesi spinal cenderung akan mengalami hipotensi yang disebabkan melebarnya pembuluh nadi sehingga darah berkurang.volume darah menurun ke kadar sebelum hamil pada 4 mingu setelah melahirkan. Hematokrit meningkat pada hari ke 3-7 pasca partum. Leukositosis normal pada kehamilan rata-rata sekitar 12.000 /mm³. Selama 10 sampai 12 hari pertama setelah bayi lahir, nilai leukosit antara 20.000 dan 25.000 /mm. Varises ditungkai dan disekitar anus akan mengecil dengan cepat setelah bayi lahir.

6) Sistem Neurologi

Pengaruh neurologi post operasi biasanya nyeri kepala, pusing, keram disebabkan pengaruh anestesi.. Lama nyeri kepala bervariasi dari 1-3 hari sampai beberapa minggu, tergantung pada penyebab dan efektifitas pengobatan.

7) Sistem Muskuloskeletal

Adaptasi sistem muskuloskeletal ibu terjadi selama masa hamil berlangsung secara lebih baik pada masa pascapartum. Sebagian besar wanita melakukan ambulasi 4-8 jam setelah melahirkan Adaptasi ini mencakup hal-hal yang membantu relaksasi dan hipermobilitas sendi dan perubahan pusat berat ibu akibat pembesaran rahim. Stabilisasi sendi lengkap pada minggu ke-6 – ke-8 setelah melahirkan.

8) Sistem Integumen

Hiperpigmentasi di areola dan linea nigra tidak menghilang seluruhnya setelah bayi lahir. Kulit meregang pada payudara, abdomen, paha, dan panggul mungkin memudar, serta adanya diaforesis. Ciri yang paling khas adanya bekas luka sayatan operasi sesar di sekitar abdomen.

b. Adaptasi Psikologi

Menurut Mellyna (2003) adaptasi psikologi pada maternal meliputi :

1) Fase Taking In (1-2 hari). Fase ini merupakan periode ketergantungan yang biasanya ditunjukkan dengan prilaku sebagai berikut : fokus perhatian ibu pada dirinya sendiri, mudah tersinggung, ibu menjadi pasif terhadap lingkungannya dan nafsu makan ibu meningkat.

2) Fase Taking Hold (3-10 hari). Pada fase taking hold, ibu merasa khawatir akan ketidakmampuan dan rasa tanggung jawabnya dalam merawat bayi. Selain itu perasaanya sangat sensitive sehingga mudah tersinggung jika komunikasinya kurang hati-hati. Oleh karena itu, ibu memerlukan dukungan karena saat ini merupakan kesempatan yang baik untuk menerima berbagai penyuluhan dan merawat diri dan bayinya sehingga tumbuh rasa percaya diri.

3) Fase Letting Go

Fase ini merupakan fase menerima tanggung jawab akan peran barunya yang berlangsung 10 hari setelah melahirkan. Ibu sudah mulai menyesuaikan diri dari ketergantungan bayinya. Keinginan untuk merawat diri dan bayinya meningkat pada fase ini.


6. Komplikasi Post Seksio caesaria

Menurut Hanifa (2003) komplikasi yang mungkin akan ditemukan pada post seksio caesaria diantaranya :

a. Infeksi Puerperal (nifas)

1) Ringan, seperti kenaikan suhu selama beberapa hari dalam masa nifas.

2) Sedang; dengan kenaikan suhu yang lebih tinggi, disertai dehidrasi dan perut sedikit kembung (Mochtar, Rustam, 1998; 121).

3) Berat, seperti peritonitis dan sepsis.

b. Perdarahan disebabkan karena banyak pembuluh darah yang terputus dan terbuka atau atonia uteri (kurangnya tonus otot pada dinding uteri).

c. Luka kandung kemih dan embolisme paru-paru.

d. Rupture uteri.

7. Pemeriksaan Penunjang

Menurut Marilynn E.(2001) data yang menunjang meliputi :

a) Hemoglobin, hematokrit, mengkaji perubahan dari kadar pra operasi dan mengevaluasi efek kehilangan darah pada pembedahan.

b) Urinalisis : kultur urine. Pemeriksaan tambahan didasarkan pada kebutuhan individual.

8. Penatalaksanaan Post Seksio Sesarea

Menurut Cunningham (2006) penatalaksanaan untuk klien post seksio sesarea meliputi :

a. Analgesik

Untuk wanita dengan ukuran tubuh rata-rata dapat suntik 75 mg meperidin IM setiap 3 jam sekali bila perlu untuk mengatasi rasa sakit atau dapat disuntikan dengan cara serupa 10-15 mg morfin sulfat. Obat-obatan antiemetik, misalnya prometasin 25 mg biasanya diberikan bersama-sama dengan pemberian preparat narkotik

b. Tanda-tanda Vital

Setelah dipindahkan ke ruang rawat, maka tanda-tanda vital pasien harus di evaluasi setiap 4 jam sekali. Jumlah urin dan jumlah darah yang hilang serta keadaan fundus uteri harus diperiksa, adanya abnormalitas harus dilaporkan. Selain itu suhu juga perlu diukur.

c. Terapi cairan dan diet

Untuk pedoman umum, pemberian 3 liter larutan, termasuk Ringer Laktat, terbukti sudah cukup selama pembedahan dan dalam 24 jam pertama berikutnya. Meskipun demikian, jika output urin di bawah 30 ml perjam, pasien harus dievaluasi kembali. Bila tidak ada manipulasi intra abdomen yang ekstensif atau sepsis, pasien seharusnya sudah dapat menerima cairan per oral satu hati setelah pembedahan. Jika tidak, pemberian infuse boleh diteruskan. Paling lambat pada hari kedua setelah operasi, sebagian besar pasien sudah dapat menerima makanan biasa.

d. Vesika urinaria dan usus

Kateter sudah dapat dilepas dari vesika urinaria setelah 12 sampai 24 jam post operasi. Kemampuan mengosongkan urinaria harus dipantau sebelum terjadi distensi. Gejala kembung dan nyeri akibat inkoordinasi gerak usus dapat menjadi gangguan pada hari ke-2 dan ke-3 post operasi. Pemberian supositoria rectal akan diikuti dengan defekasi atau jika gagal, pemberian enema dapat meringankan keluhan pasien.

e. Ambulasi

Pada hari pertama post operasi, pasien dengan bantuan perawat dapat bangun dari tempat tidur sebentar sekurang-kurangnya sebanyak 2 kali. Ambulasi dapat ditentuka waktunya sedemikian rupa sehingga preparat analgesik yang baru saja diberikan akan mengurangi rasa nyeri. Pada hari kedua, pasien dapat berjalan ke kamar mandi dengan pertolongan. Dengan ambulasi dini, trombosit vena dan emboli pulmoner jarang terjadi.

f. Perawatan luka

Luka insisi diinspeksi setiap hari, sehingga pembalut luka yang relative ringan tampak banyak plester sangat menguntungkan. Secara normal jahitan kulit diangkat pada hari ke empat setelah pembedahan. Paling lambat pada hari ke tiga post partum, pasien sudah dapat mandi tanpa membahayakan luka insisi.

g. Laboratorium

Secara rutin Ht diukur pada pagi hari setelah operasi, Ht harus segera dicek kembali bila terdapat kehilangan darah atau bila terdapat oliguri atau keadaan lain yang menunjukan hipovolemia. Jika Ht stabil, pasien dapat melakukan ambulasi tanpa kesulitan apapun dan kemungkinan kecil jika terjadi kehilangan darah lebih lanjut..

B. Konsep Dasar Asuhan Keperawatan

1. Pengkajian

Pengkajian keperawatan meliputi data biografi (nama, umur, jenis kelamin, pendidikan, alamat, dll). Riwayat Keperawatan (alasan masuk rumah sakit, keluhan utama, riwayat penyakit masa lalu, riwayat menstruasi, riwayat obstetric, riwayat KB, Riwayat kebiasaan sehari-hari, riwayat posikososial)

Pengkajian data dasar klien 4 jam – 5 hari pasca partum (Marilynn E, 2001; hlm 414) meliputi :

a. Sirkulasi

Kehilangan darah selama prosedur pembedahan kira-kira 600-800 ml.

b. Integritas Ego

Dapat menunjukan labilitas emosional, dari kegembiraan, sampai ketakutan, marah, atau menarik diri, klien/ pasangan dapat memiliki pertanyaan atau salah terima peran dalam pengalaman kelahiran, Mungkin mengekspresikan ketidakmampuan untuk menghadapi situasi baru.

c. Eliminasi

Kateter urinarius indewelling mungkin terpasang, urine jernih pucat,bising usus tidak ada, samar atau jelas.

d. Makanan/Cairan

Abdomen lunak dengan tidak ada distensi pada awal.

e. Neurosensori

Kerusakan gerakan dan sensasi dibawh tingkat anestesia spinal epidural.

f. Nyeri/Ketidaknyamanan

Mungkin mengeluh ketidaknyamanan dari berbagai sumber mis; trauma bedah/ insisi, nyeri penyerta, distensi kandung kemih/ abdomen, efek-efek anesthesia, mulut mungkin kering.

g. Pernapasan

Bunyi paru jelas dan vesikuler

h. Keamanan

Balutan abdomen dapat tampak sedikit noda atau kering dan utuh, Jalur parenteral, bila digunakan, paten, dan sisi bebas eritema, bengkak dan nyeri tekan.

i. Seksualitas

Fundus kontraksi kuat dan terletak di umbilicus, aliran lokia sedang dan bebas bekuan berlebihan/ banyak.

2. Diagnosa Keperawatan

Menurut Marilynn E (2001) diagnosa post seksio sesarea yaitu :

a. Perubahan proses keluarga berhubungan dengan perkembangan transisi/ peningkatan anggota keluarga, krisis situasi (misalnya : intervensi pembedahan, komplikasi fisik yang mempengaruhi pengenalan / interaksi, kebangunan diri negatif).

b. Resiko infeksi berhubungan dengan trauma jaringan / kulit rusak, penurunan Hb, prosedur invasif, dan / peningkatan pemajanan lingkungan, pecah ketuban lama, malnutrisi.

c. Gangguan rasa nyaman : Nyeri berhubungan dengan trauma pembedahan, efek-efek anestesia, efek-efek hormonal, distensi kandung kemih/ abdomen.

d. Ansietas berhubungan dengan krisis situasi, ancaman pada konsep diri, transmisi / kontak interpersonal, kebutuhan tidak terpenuhi.

e. Harga diri rendah situasional berhubungan dengan merasa gagal dalam peristiwa kehidupan.

f. Resiko cidera berhubungan dengan fungsi biokimia atau regulasi (mis, hipotensi ortostatik, eklamsi), efek-efek anestesia, tromboemboli, profil darah abnormal (anemia/ kehilangan darah berlebihan), taruma jaringan.

g. Konstipasi berhubungan dengan penurunan tonos otot perubahan (diastasis rekti, kelebihan analgesik atau anestesi, efek-efek progesteron, dehidrasi, diare prapersalinan, kurang masukan, nyeri perineal/ rektal).

h. Perubahan eliminasi urine berhubungan dengan efek-efek hormonal, trauma mekanis, edema jeringan, efek-efek anestesia.

i. Kurang perawatan diri berhubungan dengan efek-efek anestesia, penurunan kekuatan dan ketahanan, ketidaknyamanan fisik.

j. Kurang pengetahuan mengenai perawatan diri dan perawatan bayi berhubungan dengan kurang pemajanan, kesalahan interpretasi, tidak mengenal sumber-sumber.

3. Prinsip Intervensi keperawatan

Menurut Bobak (2005) prinsip keperawatan pada post seksio sesarea meliputi :

a. 24 jam pertama setelah melahirkan sesarea, efek dari pemulihan anestesi yang perlu dilakukan diantaranya yaitu ukur tanda-tanda vital (TD, N, RR, S) Tiap 8 jam, keadaan fundus, perdarahan (dari vagina dan rembesan balutan luka operasi, jumlah lokhea, karakteristik, bau), genitourinarius, bising usus, musculoskeletal, pemeriksaan laboratorium, intake dan output.

b. 24 jam sampai hari ke-3, prinsip intervensi keperawatan yang harus dilakukan diantaranya ukur tanda-tanda vital (TD, N, RR,S), monitor nyeri insisi dan proses involusi, luka insisi, distensi abdomen, bising usus, eliminasi urin, defekasi, tanda human sign positif (keluhan nyeri di otot betis saat digerakan dorsofleksi kaki dipaksakan, rasa hangat, warna kemerahan, atau nyeri tekan pada tungkai), perawatan sehari-hari yaitu tanda-tanda komplikasi (infeksi, perdarahan), perawatan perineum dan payudara, pengajaran dan pemberian ASI serta cara menyusui yang benar , ambulasi dini dan senam nifas , bonding (orang tua/bayi, pertama kali menyusui, jika diinginkan).

c. Hari ke-4 perencanaan pulang, prinsip keperawatan yang harus dilakukan diantaranya ganti balutan dan observasi keadaan luka, berikan pendidikan kesehatan tentang perawatan luka dirumah dan pemilihan KB, kunjungan ulang ke RS untuk pemeriksaan luka operasi ibu dan keadaan bayi.

4. Evaluasi

Marilynn E (2001) evaluasi keperawatan post seksio sesarea diantaranya klien memiliki anggota keluarga baru, berkurangnya nyeri, terpenuhinya kebutuhan fisik dan psikologis, komplikasi tidak terjadi, tanda-tanda infeksi tidak terjadi, menunjukan ekspresi kebanggaan diri positif berkenaan dengan kelahiran dan peran menjadi orang tua, dipahaminya kebutuhan post partum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar